Berita Desa

PPS Desa Dahanrejo Sosialisasikan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024

09 September 2023
admin
Dibaca 539 Kali
PPS Desa Dahanrejo Sosialisasikan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024

desadahanrejo.gresikkab.go.id - PPS Desa Dahanrejo menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Dahanrejo. Sabtu (09/09/2023)

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, tugas dan kewajiban Panitia Pemungutan Suara (PPS) selain melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu ditingkat desa, juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan sosialisasi seputar informasi pemilu tahun 2024.

Sosialisasi Pendidikan Pemilih adalah proses penyampaian Informasi Pemilu atau Pemilihan kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran pemilih tentang pemilu dan/atau pemilihan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Polsek Kebomas Laksanakan Bakti Sosial Penanaman Pohon Serentak Bersama Muspika dan Pemdes Dahanrejo

Melalui sosialisasi pendidikan pemilih yang massif diharapkan masyarakat mampu untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan perilaku sebagai pemilih terkait hak, kewajiban, dan peran dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

Kegiatan sosialisasi ini hasil kerjasama antara PPS Desa Dahanrejo dengan Tim Penggerak (TP) PKK Desa Dahanrejo, dengan dihadiri oleh PPS dan Sekretariat PPS Desa Dahanrejo, Ketua TP. PKK Desa Dahanrejo, Hj. Suaebah, Sekretaris Desa Dahanrejo, Pengurus dan Anggota PKK Desa Dahanrejo.

Anggota PPS Desa Dahanrejo, Siti Fatimah menyampaikan bahwa tahapan pemilu selanjutnya Tanggal 7 - 13 September 2023 Pendaftaran Calon Presiden & Calon Wakil Presiden, Tanggal 11 Oktober 2023 Penetapan caleg DPR & DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Penetapan Calon Presiden & Calon Wakil Presiden.

Tanggal 14 Oktober 2023 - 10 Februari 2024 Masa Kampanye Terbuka, Tanggal 11 - 13 Februari 2024 Masa Tenang, Tanggal 14 Februari 2024 Pemungutan Suara Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden Wakil Presiden (Pilpres), Tanggal 15 Februari - 20 Maret 2024 Rekapitulasi Hasil Pileg & Pilpres.

Baca Juga: Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-78 PKK Desa Dahanrejo Adakan Lomba dan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Tanggal 26 Mei - 8 Juni 2024 Kampanye Pilpres Putaran Kedua, Tanggal 12 Juni 2024 Pemungutan Suara Pilpres Putaran Kedua, Tanggal 21 Juni - 14 Juli 2024 Penetapan Hasil Pilpres Kedua Secara Nasional, Tanggal Oktober 2024 Pengucapan Sumpah Janji DPR, DPD & DPRD.

Pemilu ini merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

Maka dari itu untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak yang akan di laksanakan tanggal 14 Februari 2024 nanti, kami mengajak ibu - ibu untuk berpartisipasi dalam pemilu nanti karena partisipasi ibu-ibu sangat menentukan masa depan bangsa ini, dan mohon kami dibantu untuk menyampaikan kepada masyarakat sekitar JANGAN GOLPUT.

Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang ada di Desa Dahanrejo dan juga pemilu serentak tahun 2024 mendatang berjalan dengan damai dan sukses. Pungkasnya (Aan)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image