Berita Lokal

KOLABORASI SUKSES: MAHASISWA KKN-BBK 3 UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN POSYANDU DESA BERJIBAKU MENINGKATKA

19 Januari 2024
adminn
Dibaca 92 Kali
KOLABORASI SUKSES: MAHASISWA KKN-BBK 3 UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN POSYANDU DESA BERJIBAKU MENINGKATKA

desadahanrejo.gresikkab.go.id Mahasiswa KKN-BBK 3 Universitas Airlangga menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung upaya kesehatan masyarakat dengan berperan aktif dalam pelaksanaan Program Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Desa Dahanrejo. Kegiatan KKN-BBK kali ini tidak hanya menjadi bagian dari kurikulum akademis, tetapi juga sebuah perwujudan nyata dari semangat gotong royong dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Para mahasiswa terlibat secara langsung dalam memastikan suksesnya pelaksanaan PIN Polio di tingkat desa, khususnya Desa Dahanrejo. Dalam sebuah upaya kolaboratif antara Mahasiswa KKN-BBK dan Posyandu Desa, berbagai kegiatan telah dilakukan seperti halnya sosialisasi mengenai Stunting dan Tuberculosis serta membantu tenaga kesehatan Posyandu Desa Dahanrejo dalam melakukan imunisasi polio. Kegiatan ini dilakukan pada 15-20 Januari 2024 di beberapa titik Posyandu yakni Posyandu Dinari tanggal 15 Januari 2024,  Posyandu Dahanlor 16 Januari 2024, Posyandu Singorejo tanggal 17 Januari 2024, Posyandu Dahankidul tanggal 18 Januari 2024, Posyandu Verona tanggal 19 Januari 2024, dan SDN 16 Gresik beserta MI Miftahul Huda pada tanggal 20 Januari 2024.

Ketua Kelompok Desa Dahanrejo KKN-BBK 3 Universitas Airlangga, Retno Wahyu Arini menyampaikan, “Kami merasa beruntung dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, kami dapat memberikan sosialisasi secara langsung dan jelas kepada masyarakat secara lebih personal. Sehingga harapannya dapat memberikan pemahaman yang baik mengenai permasalahan Stunting dan Tuberculosis.” Tidak hanya fokus pada aspek edukasi, mahasiswa KKN-BBK juga turut membantu dalam logistik dan pengorganisasian kegiatan pelaksanaan PIN Polio ini. Mulai dari persiapan tempat, pendataan dan pelaksanaan imunisasi untuk memastikan setiap langkah berjalan dengan lancar dan efisien.

Pelaksanaan PIN Polio secara serentak ini diharapkan menjadi cara terbaik untuk membuat calon generasi muda Indonesia sehat dan bebas polio. Dwi Indah, S. Amd.Keb., selaku bidan Desa Dahanrejo, mengatakan "imunisasi polio sangatlah penting. Seluruh anak-anak 0-7 tahun diimbau untuk tidak melewatkan imunisasi polio ini. Serta, setelah pelaksanaan PIN Polio 1 akan ada imunisasi polio kedua." Kegiatan mahasiswa KKN-BBK di Desa Dahanrejo ini diharapkan dapat menjadi contoh inspiratif bagi program-program serupa di seluruh Indonesia. Pendidikan tinggi bukan hanya tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga tentang bagaimana mahasiswa dapat menjadi agen perubahan di masyarakat. Semoga keberhasilan mahasiswa KKN-BBK 3 Universitas Airlangga ini dapat menjadi motivasi generasi muda lainnya untuk terlibat aktif dalam kegiatan positif yang mendukung kesejahteraan bersama.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image